Naruto - Animated Dancing Akatsuki Tobi

Pages

Ads 468x60px

Kamis, 19 September 2013

Pekerjaan Rumah TIK

Nasional
Tragedi di Freeport Disorot Buruh Dunia
Rabu,18 september 2013 06.04 wib
Okezone 
Area Big Gossan PT Freeport



Pendapat saya tentang berita ini:

Jakarta-Tragedi runtuhnya areal Big Gossan di PT Freepot, Papua hingga menewaskan 29 pekerja jadi sorotan serikat buruh dunia yang tergabung dalam IndustriAll. Mereka menilai kejadian ini sebagai tragedi manusia yang sangat memilukan.

Tim misi dukungan solidaritas dari IndustriAll datang ke Indonesia menyampaikan solidaritas dan belasungkawa kepada keluarga korban runtuhnya PT Freeport.

Chair IndustriAll Mining Sector Australia,Andrew Vickers mengatakan,tim dari IndustriAll juga melobi pemerintah Indonesia dan PT Freeport untuk meminta mereka meratifikasi konverensi ILO nomor 176 tentang Perlindungan dan Keselamatan kerja Tambang.

"Kita juga meminta supaya laporan tim investigasi dilakukan transparan agar kita belajar dari kejadian ini dan tidak terjadi lagi,"kata dia di Jakarta,Selasa( 17/9/2013 ).
Hasil tim investigasi,kata dia,harus bisa melaporkan bagaimana tragedi itu terjadi.Selain itu pemerintah juga harus bisa meyakinkan bahwa kejadian seperti itu tidak terjadi lagi.

"Ini seharusnya tidak terjadi lagi dan harus bisa dihindari kejadian seperti ini," ungkapnya.

Dia juga mengatakan,dengan meratifikasi konverensi ILO,maka selanjutnya serikat buruh dimungkinkan ikut dalam investigasi. "Kalau sudah dirativikasi tim buruh harus ada bagian dalam tim investigasi, " tegasnya.

Sementara itu,Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, Andi Gani Nena Wea menyambut baik kedatangan dari tim IndustriAll. Menurutnya,ini membuktikan solidaritas sesama buruh sangat kuat.

"Solidaritas ini terbangaun karena saling memiliki dan KSPSI berharap solidaritas seperti ini akan terus terbangun, " tegasnya

Soal tragedi di Big Gossan, Andi mengatakan,tidak boleh terjadi lagi. Senada dengan Andrew, Andi juga berharap pemerintah bisa belajar dari kasus tersebut.

"Kejadia ini tidak dianggap biasa.Ini jadi perhatian dunia.Ketika ada perhatian dunia artinya suaranya internasional. Kabar tragedi ini jadi perbincangan dunia, " pungkasnya.

Andi meminta keselamatan pekerja tambang lebih diperhatikan. "Tambang bawah tanah ini menyangkut nyawa dan kapanpun kejadian itu bisa terjadi. Makannya keselamatan jadi sangat penting, "pungkasnya.

Sumber:
http://news.okezone.com/read/2013/09/18/337/867702/tragedi-freeport-disorot-buruh-dunia 

  1.  Pokok permasalahannya adalah tragedi runtuhnya areal Big Gossan di PT Freeport, Papua,Indonesia telah menewaskan 29 orang buruh,dan menjadi sorotan serikat buruh dunia yang tergabung dalam IndustriAll,di tambah kondisi tambang yang sudah mulai rapuh dan tua.
  2. Solusi supaya hal ini tidak terulang lagi adalah keselamatan pekerja lebih di tingkatkan,pekerjanya harus di berikan asuransi keselamatan bekerja supaya bila terjadi  ,kondisi tambang harus sering-sering diperhatikan kawat baja harus sering diganti.
  3. Solusi diatas diambil karena kejadian ini menyangkut hidup orang banyak yang berani mempertaruhkan nyawanya demi kemajuan Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text